Makna Perkataan Imam Malik rahimahullah: “Semua Orang Bisa Diterima dan Ditolak Ucapannya Kecuali Yang Ada Di Dalam Kubur Ini (Rasul [ﷺ])”


🚇MAKNA PERKATAAN IMAM MALIK RAHIMAHULLAH: “SEMUA ORANG BISA DITERIMA DAN DITOLAK UCAPANNYA KECUALI YANG ADA DI DALAM KUBUR INI (RASUL [ﷺ])”

❱ Asy-Syaikh DR Shalih bin Fauzan bin Abdillah al-Fauzan hafizhahullah

[ Pertanyaan ]

Penanya bertanya, Syaikh yang mulia, mudah-mudahan Allah memberikan taufiq kepada Anda. Apakah perkataan Imam Malik rahimahullah, “Semua orang bisa diterima dan ditolak ucapannya kecuali yang ada di dalam kubur ini (Rasul [ﷺ]).” Apakah hal tersebut dalam masalah fiqhiyyah ijtihadiyyah saja? Dan tidak termasuk masalah aqidah?

[ Jawaban ]

[+] “Masalah aqidah tidak ada khilaf padanya,
bukan tempat untuk diterima dan ditolak,
karena ia terjaga dan dibangun di atas tauqifiyyah (berdasarkan nash-nash syari'at, -pent).

(※) Akan tetapi hal tersebut terkait masalah fiqih.
Siapapun bisa diterima ucapannya apabila sesuai dengan dalil,
dan ditolak ucapannya apabila menyelisihi dalil.
••• Inilah yang dimaksud oleh Imam Malik rahimahullah, na'am.”

🚇ما معنى كلام الامام مالك -رحمه الله-: { كل يُؤخذ من كلامه ويُرد إلا صاحب هذا القبر؟ }

❱ الشيخ الدكتور صالح بن فوزان بن عبد الله الفوزان حفظه الله

يقول فضيلة الشيخ وفقكم الله، هل كلام الإمام مالك -رحمه الله-: { كل يُؤخذ من كلامه ويُرد إلا صاحب هذا القبر }، هل هو في المسائل الفقهية الاجتهادية فقط دون المسائل العقدية؟

[ الجواب ]

[+] المسائل العقدية مافيها خلاف، ماهي مجال للأخذ والرد ، لأنها مسلَّمة مبنية على التوقيف، وإنما هذا في مسائل الفقه، كلٌ يُؤخذ من قوله ما وافق الدليل، ويُرد ما خالف الدليل، هذا قصد الإمام مالك -رحمه الله-. نعم.



📀 // Unduh audionya di:
- http://bit.ly/2CgaF2I

Url: http://bit.ly/Fw400507
📮••••|Edisi| t.me/ukhuwahsalaf / www.alfawaaid.net

// Sumber: Arsip Grup WA Pencari al-Haq / Dari: alFawzan•Af•Org•sa {https://goo.gl/yium5G}

Abul Abbas Muhammad Shukri

Diperbolehkan menyebarkan rekaman kajian ini untuk kepentingan da’wah, bukan untuk tujuan komersil serta tetap mencantumkan URL Sumber. Baarakallahu fiikum.

No comments:

Post a Comment