Apakah Pilihan Raya Bahagian Dari Syariat Islam


🚇APAKAH PILIHAN RAYA BAHAGIAN DARI SYARIAT ISLAM

Asy-Syaikh Ubaid bin Abdillah al-Jabiry hafizhahullah

[ Pertanyaan ]

Ada sebagian orang dari kalangan parti politik islam yang mengatakan, bolehnya membelanjakan harta zakat untuk menjayakan pilihan raya. Hal tersebut berdasarkan fatwa bahwa perbuatan itu termasuk menunaikan zakat di jalan Allah. Maka apakah dibenarkan bagi kami untuk mengatakan bahwa ucapan ini adalah bid’ah?

[ Jawaban ]

❒ “Ucapan ini bid’ah dan bahkan lebih dari itu. Kerana pilihan raya ini tidak berasal dari syari’at kita. Kita hanya berurusan dengan pilihan raya ketika keadaan terpaksa (darurat).

( ※ ) Maka ucapan ini sungguh mengherankan..! Bagaimana mungkin ada orang yang mengaku menisbatkan kepada ilmu, namun mengeluarkan fatwa seperti ini.

✘- Yang tidak ada padanya dalil dari Kitabullah dan Sunnah Rasulullah -shalallahu ‘alaihi wa salam-,
✘- dan juga tidak diambil dari Atsar para Imam (Salafus Shalih) pendahulu umat ini..!

Akan tetapi demikianlah jika akal telah dijadikan sebagai hakim dan hawa nafsu telah menguasai, maka akan menjadi buta penglihatannya (terhadap al-Haq).”

[س]

هناك من يُجوِزْ صرف أموال الزكاة من الجماعات السياسية الإسلامية، للحملات الانتخابية، بناءً على فتوى أنها من مصارف الزكاة في سبيل الله, فهل يصحَّ لنا أن نقول أنَّ هذا القول بدعي؟

[ج]

بدعي وزيادة، لأن الانتخابات ليست من شرعنا, وإنما نحن نتعامل حسبَّ الضرورة, فيال العجب!

كيف يسوغ لمنتسبٍ إلى العلم أن يُفتيَّ هذه الفتوى التي ليس لها دليلٌ من كتابٍ ولا سُنة ولا مأثورٌ عن إمامٍ من سلف هذه الأمة!

ولكن إذا استحكم العقل وغلب الهوى عميت البصائر.

Url: http://bit.ly/Fw390814 -Edisi Bahasa Melayu-
📮••••|Edisi| @ukhuwahsalaf / www.alfawaaid.net

// Sumber: Channel Telegram @ForumSalafy // Dari: https://goo.gl/J2pCg2

Kajian Al-FawaaidNet

Diperbolehkan menyebarkan rekaman kajian ini untuk kepentingan da’wah, bukan untuk tujuan komersil serta tetap mencantumkan URL Sumber. Baarakallahu fiikum.