Diantara Sebab Seorang Diharamkan Dari Hidayah


🚇DIANTARA SEBAB SEORANG DIHARAMKAN DARI HIDAYAH

Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah berkata:

❒ Diharamkan atas Abu Thalib, Allah mengharamkan dirinya dari hidayah karena memang ia tidak berhak mendapatkannya, oleh karena itu Allah mengharamkan hidayah darinya.

(( ※ )) Maka seorang diharamkan dari hidayah itu karena beberapa sebab, diantaranya Ta'ashshub (Fanatik) kepada kebatilan dan semangat jahiliyah, Keduanya menyebabkan seorang insan tidak diberi taufiq oleh Allah Jalla Wa 'Alaa.

(( ※ )) Maka barang siapa yang sudah jelas kebenaran padanya lalu ia tidak mau menerimanya, maka ia akan dihukum dengan diharamkan (dari hidayah), Wal'iyadzu billah.

✘- Dihukum dengan penyimpangan dan kesesatan
✘- dan tidak mau menerima kebenaran setelah itu.

(( ※ )) Maka di sini ada anjuran untuk bersemangat, bahwasanya barang siapa yg telah sampai kebenaran kepadanya, wajib baginya untuk langsung menerimanya, tidak menundanya, karena jika ia menundanya, maka ia layak untuk diharamkan darinya.

{فَلَمَّا زَاغُوا أَزَاغَ اللهُ قُلُوبَهُمْ}

“Maka ketika mereka berpaling, maka Allah sesatkan hati-hati mereka.” [QS. Ash-Shaf 4]

{وَنُقَلِّبُ أَفْئِدَتَهُمْ وَأَبْصَارَهُمْ كَمَا لَمْ يُؤْمِنُوا بِهِ أَوَّلَ مَرَّةٍ}

“Dan Kami bolak-balikkan hati-hati dan pandangan-pandangan mereka, sebagaimana mereka belum beriman kepada (Al-Quran) pada permulaannya.” [QS. Al-'An'am 110]

📚[I'anatul Mustafid 1/259]

Url: http://bit.ly/Fw390810
📮••••|Edisi| @ukhuwahsalaf / www.alfawaaid.net

// Sumber: Channel Telegram @ForumSalafy // Dari: https://t.me/fawaz_almadkali/1490

Kajian Al-FawaaidNet

Diperbolehkan menyebarkan rekaman kajian ini untuk kepentingan da’wah, bukan untuk tujuan komersil serta tetap mencantumkan URL Sumber. Baarakallahu fiikum.