Nasehat Untuk Menjaga Ukhuwwah


🚇NASEHAT UNTUK MENJAGA UKHUWWAH

❱ Asy-Syaikh Rabi’ bin Hady al-Madkhaly hafizhahullah

Sekarang ini fitnah banyak, ucapan banyak, qila wa qala (ucapan yang tidak jelas sumbernya) banyak. Dan semua itu termasuk perkara-perkara yang mengeraskan hati. Semoga Allah memberi taufik kepada kami dan kalian untuk beriman secara jujur dan beramal saleh.

(➊) ※ Dan saya wasiatkan kepada kalian -wahai ikhwah yang saya cintai- agar kalian saling menjalin persaudaraan diantara kalian, dan hendaknya kalian menjauhi sebab-sebab perpecahan dan perselisihan!

(➋) ※ Engkau jangan mengobarkan masalah yang akan menyeret kepada perselisihan! Dan engkau juga jangan sampai syaithan menyeretmu kepada perselisihan dan pertikaian semata-mata karena saudaramu melakukan kesalahan!

(➌) ※ Belajarlah untuk bersabar dan belajarlah untuk bersikap hikmah! Kalian sekarang di waktu ini sangat membutuhkan sikap tidak tergesa-gesa, sabar, hikmah, dan kelembutan.

※ Kita tidak mengatakan: “Diam dan basa-basilah!” Tetapi nasehati, bersabarlah dan jangan tergesa-gesa, karena mengharapkan wajah Allah Tabaraka wa Ta’ala. Demi Allah, urusan kalian -wahai anak-anak kami- akan menjadi lurus, kalian akan saling menyayangi dan merasa saling bersaudara diantara kalian.

(➍) ※ Saya wasiatkan kepada kalian -wahai ikhwah sekalian- agar kalian bertakwa kepada Allah dan merasa diawasi oleh Allah, saling menjalin persaudaraan, saling menolong dalam kebaikan dan ketakwaan, dan menjauhi sebab-sebab yang akan menimbulkan fitnah dan sebab-sebab yang akan menimbulkan perselisihan.

📚[Adz-Dzari’ah Ila Bayani Maqashid Kitab Asy-Syari’ah, II/576]

📮••••|Edisi| @ukhuwahsalaf / www.alfawaaid.net
₪ Dari Channel Telegram @ForumSalafy // Sumber: http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=145872

➥ #Manhaj #Nasehat #zaman_fitnah #menjaga_ukhuwah #Salafiyyah #sabar #kokoh

Tambahan Faidah:
Sikap Hikmah Terhadap Kesalahan Seorang Salafy
Apa Ketentuan Seseorang Keluar Dari Salafiyyah?
Kapan Seseorang (Dianggap) Keluar Dari Manhaj Salafy?

Kajian Al-FawaaidNet

Diperbolehkan menyebarkan rekaman kajian ini untuk kepentingan da’wah, bukan untuk tujuan komersil serta tetap mencantumkan URL Sumber. Baarakallahu fiikum.