Beragam Bentuk Kebid'ahan Yang Ditetapkan Kesesatannya Oleh Syariat Islam

❱ Asy-Syaikh al-Albani rahimahullah mengatakan:

■ Bid'ah yang ditetapkan kesesatannya oleh peletak syariat adalah berikut:

[ A ] ※ Setiap hal yang menyelisihi sunnah (ajaran Nabi -ﷺ-) baik dalam ucapan, perbuatan, atau akidah, meskipun merupakan ijtihad.

[ B ] ※ Setiap hal untuk mendekatkan diri kepada Allah, namun dilarang oleh Rasulullah -ﷺ-.

[ C ] ※ Setiap hal yang tidak mungkin disyariatkan kecuali dengan dalil atau tauqifiyah, dan tidak ada dalil tentangnya, maka ini adalah bid'ah. Kecuali, apa yang dilakukan oleh seorang sahabat.

[ D ] ※ Kebiasaan orang kafir yang ditambahkan pada ibadah (yang asalnya disyariatkan).

[ E ] ※ Apa yang dikatakan oleh sebagian ulama -khususnya yang belakangan- sebagai perkara sunnah, namun tanpa dalil.

[ F ] ※ Setiap ibadah yang tidak dijelaskan tata caranya kecuali dalam hadis lemah atau palsu.

[ G ] ※ Berlebih-lebihan dalam ibadah.

[ H ] ※ Setiap ibadah yang disebutkan secara mutlak oleh peletak syariat. Namun orang-orang memberikan taqyid, seperti di tempat tertentu, waktu tertentu, tata cara tertentu, atau jumlah tertentu.”

📚[Ahkamul Janaiz hlm. 242]

قول الشيخ الألباني:

إن البدعة المنصوص على ضلالتها من الشارع هي:

أ - كل ما عارض السنة من الأقوال أو الأفعال أو العقائد ولو كانت عن اجتهاد.
ب - كل أمر يتقرب إلى الله به، وقد نهى عنه رسول الله صلى الله عليه وسلم.
ج - كل أمر لا يمكن أن يشرع إلا بنص أو توقيف، ولا نص عليه، فهو بدعة إلا ما كان عن صحابي.
د - ما ألصق بالعبادة من عادات الكفار.
هـ - ما نص على استحبابه بعض العلماء سيما. المتأخرين منهم ولا دليل عليه.
و - كل عبادة لم تأت كيفيتها إلا في حديث. ضعيف أو موضوع.
ز - الغلو في العبادة.
ح - كل عبادة أطلقها الشارع وقيدها الناس ببعض القيود مثل المكان أو الزمان أو صفة أو عدد.

📚[أحكام الجنائز ص242]

{ Dengan Sedikit Penyesuaian dari Admin }
📮••••|Edisi| @ukhuwahsalaf / www.alfawaaid.net
₪ Dari Channel Telegram @MajalahTashfiyah // Sumber: http://shamela.ws/browse.php/book-96850/page-20

➥ #Manhaj #mengenal #bid_ah #sesat

Kajian Al-FawaaidNet

Diperbolehkan menyebarkan rekaman kajian ini untuk kepentingan da’wah, bukan untuk tujuan komersil serta tetap mencantumkan URL Sumber. Baarakallahu fiikum.