[VIDEO] Termasuk Sikap Hikmah Itu Dengan Menerapkan Bantahan (membongkar Penyimpangan & Para Pengusungnya) Bahkan Ini Merupakan Bentuk Nasehat & Upaya Amar Ma'ruf Nahi Mungkar

Disampaikan oleh Asy-Syaikh al-'Allamah Abdul Muhsin al-'Abbad hafizhahullah
{ Dengan Transkrip Terjemahan dalam Bahasa Indonesia }

URL Video:
https://youtu.be/BaD2Bx4PjsE (Durasi: 2:52)

Download Video @ Mp3:
https://savemedia.com/watch?v=BaD2Bx4PjsE

Himpunan Video AlFawaaidNet
| http://bit.ly/Vid_AlFawaaidNet (Video Singkat)
| http://bit.ly/Vid_Kajian_AlFawaaidNet (Video Kajian)

________
- - - - - - - - -

[ Pertanyaan ]

Telah tersebar pada akhir-akhir ini celaan dari sebagian pelajar yang ditujukan kepada sebagian Masyaikh Ahlu Sunnah yang membela al haq dengan ucapan dan tulisan mereka semisal Syaikh Robi’ Al Madkholi dan selainnya, dengan anggapan bahwa Masyaikh ini tidak menyisakan seorang pun (untuk dibantah) dan umat butuh untuk bersatu dan meninggalkan saling membantah antar mereka.

Apa nasihat Anda wahai Syaikh yang mulia kepada para pemuda ini?

[ Jawaban ]

Yang wajib adalah saling menasihati dan tolong-menolong dalam kebaikan dan ketakwaan. Dan sepantasnya seseorang menjaga lisannya dari ucapan yang bisa membahayakannya.

Bantahan adalah perkara yang perlu jika keadaan mengharuskannya. Apa yang menghalangi dari yang namanya bantahan? Apakah dikatakan hikmah jika membiarkan kemungkaran dan kebatilan tanpa membantahnya? Dan orang yang membantah kemungkaran tersebut lantas kita cela? Ini tidak boleh.

Bahkan bantahan merupakan bentuk nasihat dan bentuk amar ma’ruf nahi mungkar. Kesimpulannya, sepantasnya seorang untuk menjaga lisannya dari ucapan yang bisa membahayakannya.

Dan seorang ulama semisal Syaikh Robi’ Al Madkholi, jika beliau membantah dengan bantahan yang tepat, maka ini adalah bentuk nasihat dan kemanfaatannya akan kembali kepada umat manusia.

[Pelajaran Syarh Sunan Abi Dawud. Rekaman Fatwa No: 217]

Sumber: https://www.youtube.com/embed/_4l0vNdqEUY

Alih bahasa Syabab Forum Salafy - http://forumsalafy.net/pembelaan-syaikh-abdul-muhsin-al-abbad-kepada-syaikh-robi-bin-hadi-hafizhahumullah/

***

[✔️] Diantara faidah yang bisa kita petik dari ucapan syaikh di atas antaranya:

■ Pembelaan terhadap dakwah sekaligus manhaj yang dijalani oleh Syaikh Rabi bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah
■ Bantahan terhadap Dedengkot Halabi Rodja, Firanda Andirja yang mencibir serta merendahkan Manhaj Syaikh Rabi bin Hadi hafizhahullah & para penuntut ilmu yang meneladani manhaj beliau
■ Bantahan terhadap Dedengkot Halabi Rodja, Yazid Jawas yang mencibir bantahan ilmiyah dengan mengelompokkan sebagian Salafiyin sebagai "Jama'ah Tahdzir"
■ Meninggalkan bantahan (rudud ilmiyah) merusak hikmah dalam dakwah
■ Bantahan merupakan nasehat dan upaya amar ma'ruf nahi munkar
■ Harus ada sebagian Para ulama & da'i yang memiliki kemampuan untuk menyampaikan bantahan terhadap berbagai penyimpangan dan para pengusungnya
■ Bantahan ulama sekaliber Syaikh Rabi, ketika menetapi kebenaran maka itu merupakan bentuk nasehat & kemanfaatan bagi ummat manusia.
■ Wajib menjaga lisan agar tidak mencibir para ulama yang telah mengerahkan segenap ilmu, waktu serta usia mereka dalam membantah berbagai bentuk penyimpangan dan para pengusungnya.
■ Wajib memuliakan para ulama & asatidzah yang telah menyodorkan kepada ummat ini berbagai bantahan ilmiyah dalam rangka membentengi ummat ini dari berbagai makar dan syubhat oleh orang-orang jahil & para penyesat.

Wallahul a'lam bishshowab.

**Judul dari admin
※•┈┈┈┈•••Edisi•••┈┈┈┈┈•※
IIII مجموعة الأخوة السلفية •✦• MUS IIII
ⓣ https://t.me/ukhuwahsalaf
__________

Klik “JOIN” Channel Telegram
http://bit.ly/ukhuwahsalaf
http://bit.ly/ForumBerbagiFaidah
http://bit.ly/Alfawaaid

➥ #VideoFawaid #Manhaj #Tahdzir #Nasehat #hikmah #membiarkan_kemungkaran #Bantahan

Kajian Al-FawaaidNet

Diperbolehkan menyebarkan rekaman kajian ini untuk kepentingan da’wah, bukan untuk tujuan komersil serta tetap mencantumkan URL Sumber. Baarakallahu fiikum.