[ Pengertian-Pegertian Ringkas dalam Ilmu Tauhid ] Apa Makna "Al Amnu?"

[ Pengertian-Pegertian Ringkas dalam Ilmu Tauhid ]
::: APA MAKNA "AL AMNU?" :::

✹✹✹

اﻷﻣــﻦ: ﻃﻤﺄﻧﻴﻨــﺔ اﻟﻨﻔﺲ ﻭﺯﻭاﻝ اﻟﺨـــﻮﻑ.

AL AMNU (Keamanan) yaitu Ketenangan jiwa dan hilangnya rasa takut.

Dan Alloh Ta'ala menerangkan dalam Alqur`anul karim bahwa barangsiapa yang ingin mendapatkan ketenangan jiwa serta terangkatnya ketakutan, hendaknya dia HARUS MENINGGALKAN kesyirikan yaitu kesyirikan yang besar maupun yang kecil.

﴿ الَّــذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِســُوا إِيمَــانَهُمْ بِظُلْــمٍ أُولَئِكَ لَهـــُمُ الأمــْنُ وَهُمْ مُهْتَدُون ﴾ [اﻷﻧﻌﺎﻡ: 82]

"yaitu orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan keimananya dengan kedzoliman (kesyirikan) mereka itulah orang - orang yang mendapatkan KEAMANAN dan petunjuk [Q.S. Al-An'aam 82]

Sehingga ketika seseorang semakin memahami tauhid serta mengamalkanya maka dia akan merasakan SEMAKIN AMAN dan BAHAGIA pada dirinya.

Dan ketika seseorang itu semakin JAUH pemahaman tauhidnya serta menyekutukan Alloh ta'ala dengan selain-Nya maka orang tersebut akan semakin RESAH dan SENGSARA di dunia serta akhiratnya.

Berkata Ibnul Qoyyim Aljauziyyah rahimahulloh:
"Tauhid itu adalah BENTENG Alloh ta'ala yang paling kokoh maka barangsiapa yang memasukinya dia termasuk orang yang mendapatkan KEAMANAN"

Wallohu a'lam bisshowab.

✲✹✲

Kutipan dari Kitab Mulakhos Tauhid Syeikh Fauzan Hafidzahulloh dengan sedikit penambahan.
Alih Bahasa: Al-Ustadz Abu Amina Aljawy حفظه الله [FBF-5]

__________________
مجموعــــــة توزيع الفــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF] | www.alfawaaid.net

Kajian Al-FawaaidNet

Diperbolehkan menyebarkan rekaman kajian ini untuk kepentingan da’wah, bukan untuk tujuan komersil serta tetap mencantumkan URL Sumber. Baarakallahu fiikum.