Melanjutkan Usaha Menjelaskan Dakwah Salafiyyin Kepada Agama Allah Dengan Ilmu

::: MELANJUTKAN USAHA MENJELASKAN DAKWAH SALAFIYYIN KEPADA AGAMA ALLAH DENGAN ILMU :::

✹✹✹

Asy Syaikh Rabi' bin Hadiy Al Madkhaliy حفظه الله berkata:

"Wahai saudaraku yang kucintai, mereka (ahlul ahwa) menuduh Salafiyun keras, jongos pemerintah, mata-mata penguasa, ulama yang hanya tahu masalah haidh dan nifas, dan berbagai tuduhan keji yang lainnya yang dilontarkan oleh para penyeru kejahatan, kebathilan dan kesesatan.

Maka tidak ada yang dilakukan oleh Salafiyun kecuali terus melanjutkan usaha menjelaskan dakwah mereka kepada agama Allah dengan ilmu. Dan di waktu yang bersamaan hendaklah mereka berhias dengan akhlak mulia seperti sabar, pemaaf, hikmah dan sifat-sifat baik yang lainnya yang sesuai dengan dakwah yang agung ini.

Di samping itu hendaklah mereka menyiapkan diri untuk sabar menghadapi segala celaan yang ditujukan kepada mereka, dan hendaknya mereka menjadikan para nabi dan para ulama salaf sebagai teladan mereka.

Al-Qur’an menceritakan kepada kita tentang musuh-musuh para nabi yang menuduh para nabi sebagai pendusta, tukang sihir, dukun, gila dan berbagai tuduhan buruk lainnya yang banyak. Maka wajib atas seorang da'i yang ikhlash untuk menjadikan para nabi tersebut dan para imam Islam yang menempuh jalan mereka sebagai teladan. Jika mereka dengan kedudukan yang tinggi dan mulia saja tidak selamat dari tuduhan-tuduhan buruk dan berbagai celaan, maka bagaimana kita yang lemah dan miskin ini akan bisa selamat?!!

----

قال الشيخ ربيع بن هادي المدخلي حفظه الله :

ﻳﺎ ﺃﺧﻲ ﺍﻟﺤﺒﻴﺐ ﻳﺮﻣﻮﻧﻬﻢ ﺑﺎﻟﺸﺪﺓ ﻭﺑﺎﻟﻌﻤﺎﻟﺔ، ﻭﺑﺎﻟﺠﺎﺳﻮﺳﻴﺔ، ﻭﺑﺄﻧﻬﻢ ﻋﻠﻤﺎﺀ ﺣﻴﺾﻭﻧﻔﺎﺱ، ﺇﻟﻰ ﺁﺧﺮ ﺍﻟﺨﺒﺎﺋﺚ ﺍﻟﺨﺒﻴﺜﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﻳﻮﺟﻬﻬﺎ ﺩﻋﺎﺓ ﺍﻟﺸﺮ ﻭﺩﻋﺎﺓ ﺍﻟﺒﺎﻃﻞ ﻭﺍﻟﻀﻼﻝ.

ﻓﻤﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺴﻠﻔﻴﻴﻦ ﺇﻻ ﺃﻥ ﻳﻤﻀﻮﺍ ﻓﻲ ﺗﺒﻴﻴﻦ ﺩﻋﻮﺗﻬﻢ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﺑﺼﻴﺮﺓ. ﻭﻓﻲ ﻧﻔﺲ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺃﻥ ﻳﺘﺤﻠﻮﺍ ﺑﺎﻷﺧﻼﻕ ﺍﻟﻌﺎﻟﻴﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﺒﺮ ﻭﺍﻟﺤﻠﻢ ﻭﺍﻟﺤﻜﻤﺔ، ﻭﺳﺎﺋﺮ ﺍﻟﺼﻔﺎﺕ ﺍﻟﻄﻴﺒﺔ ﺍﻟﻨﺒﻴﻠﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺘﻮﺍﺀﻡ ﻣﻊ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﺍﻟﻌﻈﻴﻤﺔ.

ﻭﻣﻊ ﺫﻟﻚ ﻓﻠﻴﻮﻃﻨﻮﺍ ﺃﻧﻔﺴﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﺒﺮ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻳﻘﺎﻝ ﻓﻴﻬﻢ ﻭﻟﻴﺠﻌﻠﻮﺍ ﻣﻦ ﺍﻷﻧﺒﻴﺎﺀ ﻭﻣﻦ ﺳﻠﻔﻬﻢ ﻣﻦ ﺃﺋﻤﺔ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻭﺍﻟﻬﺪﻯ ﺃﻥ ﻳﺠﻌﻠﻮﺍ ﻣﻨﻬﻢ ﺃُﺳﻮﺓ.

ﻭﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺫﻛﺮ ﻟﻨﺎ ﻋﻦ ﺃﻋﺪﺍﺀ ﺍﻷﻧﺒﻴﺎﺀ، ﺃﻧﻬﻢ ﺭﻣﻮﻫﻢ ﺑﺎﻟﻜﺬﺏ، ﻭﺭﻣﻮﻫﻢ ﺑﺎﻟﺴﺤﺮ، ﻭﺭﻣﻮﻫﻢ ﺑﺎﻟﻜﻬﺎﻧﺔ، ﻭﺭﻣﻮﻫﻢ ﺑﺎﻟﺠﻨﻮﻥ، ﺭﻣﻮﻫﻢ ﺑﺄﺷﻴﺎﺀ ﻛﺜﻴﺮﺓ، ﻓﻌﻠﻰ ﺍﻟﺪﺍﻋﻲ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻤﺨﻠﺺ ﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﺃﻥ ﻳﺠﻌﻞ ﻟﻨﻔﺴﻪ ﻣﻦ ﻫﺆﻻﺀ ﺍﻷﻧﺒﻴﺎﺀ ﻭﻣﻦ ﺳﻠﻚ ﻧﻬﺠﻬﻢ ﻣﻦ ﺃﺋﻤﺔ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻳﺠﻌﻞ ﻣﻨﻬﻢ ﺃُﺳﻮﺓ، ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺃﻭﻟﺌﻚ ﻋﻠﻰ ﻋﻠﻮ ﻣﻨﺎﺯﻟﻬﻢ ﻭﻣﻜﺎﻧﺘﻬﻢ ﺍﻟﻌﻈﻴﻤﺔ، ﻟﻢ ﻳﺴﻠﻤﻮﺍ ﻣﻦ ﻫﺬﻩ ﺍﻻﺗﻬﺎﻣﺎﺕ ﻭﻫﺬﻩ ﺍﻟﻄﻌﻮﻥ ﻓﻜﻴﻒ ﻧﺴﻠﻢ ﻧﺤﻦ ﺍﻟﻀﻌﻔﺎﺀ ﺍﻟﻤﺴﺎﻛﻴﻦ ؟!!

❈❈❈

Sumber artikel: http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=27084

✒ Alih Bahasa: Abu Sa'ad Ahmad Al-Faruq Al-Makassari حفظه الله [FBF 3]

___________________
مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Kajian Al-FawaaidNet

Diperbolehkan menyebarkan rekaman kajian ini untuk kepentingan da’wah, bukan untuk tujuan komersil serta tetap mencantumkan URL Sumber. Baarakallahu fiikum.