Apa Makna Kata ‘Dari’ Istri-Istri Kami dan Keturunan Kami?

::: APA MAKNA KATA ‘DARI’ ISTRI-ISTRI KAMI DAN KETURUNAN KAMI? :::

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَاماً

Dan orang orang yang berkata: “Ya Rabb kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa" [ Al-Furqon 74]

Oleh: Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin رحمه الله

✹✹✹

Pertanyaan:
Wahai syekh apakah makna jenis lafadz من dalam Firman Alloh pada surat Al-Furqon ayat 74?
مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا

Apakah hanya (untuk) orang-orang yang sudah menikah saja yang berdo'a dengan do'a ini ataukah semuanya (termasuk yang belum menikah juga) ? Semoga Alloh membalas kebaikan anda wahai Syekh..

Jawab :
Lafadz من dalam ayat tersebut maknanya adalah lil bayan (untuk menjelaskan) dan bukan littab'idl (menyatakan sebagian)

Jadi, maksud ayat itu adalah bahwa orang yang berdo'a tersebut menentukan/menjelaskan apa yang mereka minta dalam do'anya, (yakni) agar Alloh memberikan pasangan hidup dan keturunannya.

وهذا يشمل المتزوج وغير المتزوج؛ لأن غير المتزوج مقبل على الزواج والذرية

Dan ini MENCAKUP YANG SUDAH MENIKAH MAUPUN YANG BELUM MENIKAH, karena yang belum menikah kelak akan menikah dan memiliki keturunan.

Jadi dia berdo'a, memohon kepada Alloh agar diberikan jodoh yang kelak akan dinikahinya. Adapun yang sudah menikah maka isi dari do'a tersebut sudah jelas maksudnya.

Jadi do'a tersebut, untuk yang belum menikah adalah do'a yang dia minta untuk masa yang akan datang.Sedangkan untuk yang sudah menikah do'a tersebut adalah permohonan untuk sesuatu yang sedang dia jalani.

Sumber: Silsilah Alliqoo`us Syahriy > Alliqoo` Asysyahriy (66)


معنى قوله تعالى: (مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا)

[السؤال: ]

فضيلة الشيخ، ما نوع (مِن) في قوله تعالى: ﴿مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا﴾ [الفرقان:74]؟
وهل يدعو بذلك المتزوجون فقط أم يفعل ذلك الجميع؟ أحسن الله إليك.

الجواب:

(مِن) هذه للبيان، وليست للتبعيض، أي: أنهم عينوا ما طلبوا بالأزواج والذرية، وهذا يشمل المتزوج وغير المتزوج؛ لأن غير المتزوج مقبل على الزواج والذرية، فهو يسأل الله تعالى أن يهب له من أزواجه اللاتي يتزوج بهن، وأما المتزوج فالأمر فيه ظاهر، فتكون دعوة غير المتزوج دعوة لما يستقبل من أمره، وأما المتزوج فهي دعوة لما هو عليه الآن.

المصدر: سلسلة اللقاء الشهري > اللقاء الشهري [66]

رابط المقطع الصوتي

Unduh Audio (Durasi 01:02)

✒Alih Bahasa: Al-Ustadz Rosyid Hamdani Bandung حفظه الله - [FBF 1]

__________________
مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Kajian Al-FawaaidNet

Diperbolehkan menyebarkan rekaman kajian ini untuk kepentingan da’wah, bukan untuk tujuan komersil serta tetap mencantumkan URL Sumber. Baarakallahu fiikum.