Sebarkan Bantahan, Jangan Sembunyikan

::: SEBARKAN BANTAHAN, JANGAN SEMBUNYIKAN :::

✯✯✯

ﺃﺣﺴﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻟﻴﻜﻢ ﻫﺬﺍ ﺍﻷﺥ ﺃﺑﻮ ﺃﺣﻤﺪ ، ﺍﻟﺤﻘﻴﻘﺔ ﻳﺎ ﺷﻴﺦ ﺻﺎﻟﺢ ﺍﻟﻔﻮﺯﺍﻥ ﺃﺭﺳﻞ ﻟﻲ ﺳﺆﺍﻝ ﺟﻴﺪ ﻭﺟﻤﻴﻞ ﻭﻧﺮﻳﺪ ﺃﻥ ﻧﺒﺴﻂ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﻳﻘﻮﻝ ﻓﻴﻪ ﺍﻷﺥ ﺃﺣﻤﺪ :

✔ ﺃﻧﺎ ﺃﺣﺐ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻭﺃﻛﺮﻩ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻭﺍﻟﺨﺮﺍﻓﺎﺕ ، ﻭﻟﻜﻦ ﻳﺎ ﻓﻀﻴﻠﺔ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻟﺮﺩﻭﺩ ﻋﻠﻰ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻭﺍﻟﺰﻳﻎ ﻳﻘﻮﻝ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻣﻦ ﻣﻨﻬﺞ ﺍﻟﺴﻠﻒ ﻭﺃﻥ ﻛﺘﺐ ﺍﻟﺮﺩﻭﺩ ﻻ ﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﺗﻨﺸﺮ ﺇﻻ ﺑﻴﻦ ﻃﻠﺒﺔ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻧﺮﺟﻮ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺻﺎﻟﺢ ﺃﻥ ﻳﻮﺟﻬﻨﺎ ﻓﻲ ﺿﻮﺀ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ ؟

ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺻﺎﻟﺢ ﺍﻟﻔﻮﺯﺍﻥ ﺣﻔﻈﻪ ﺍﻟﻠﻪ :

ﻣﺎ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﺴﺎﺋﻞ ﺍﻟﺮﺩﻭﺩ ، ﻻ ﺑﺪ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥ ﺻﺎﺩﺭﺓ ﻋﻦ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳﺘﻘﻨﻮﻥ ﺍﻟﺮﺩ ﻳﻌﺮﻓﻮﻥ ﺍﻟﺨﻄﺄ ﻭﻳُﺘﻘﻨﻮﻥ ﺍﻟﺮﺩ ﻋﻠﻴﻪ ﺑﺎﻟﺪﻟﻴﻞ ﻣﻦ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﻭﺍﻟﺴﻨﺔ ﻭﻧﺸﺮ ﺍﻟﺮﺩﻭﺩ ﻫﺬﺍ ﻭﺍﺟﺐ ﻷﻧﻪ ﺗﻌﻠﻴﻢ ﻟﻠﻤﺴﻠﻤﻴﻦ، ﺇﺫﺍ ﻧﺸﺮ ﻫﻮ ﺑﺪﻋﺘﻪ ﻭﻧﺸﺮ ﻫﻮ ﺃﺧﻄﺎﺀﻩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺎﺱ، ﻓﻼ ﺑﺪ ﺃﻥ ﺗﻨﺸﺮ ﺍﻟﺮﺩﻭﺩ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ﻹﺯﺍﻟﺔ ﺿﺮﺭ ﺍﻟﺒﺪﻋﺔ ﻭﺍﻷﺧﻄﺎﺀ ﻻ ﺑﺪ ﻣﻦ ﻫﺬﺍ ، ﻫﺬﺍ ﻋﻼﺝ .

ﺇﺫﺍ ﺃُﺧﻔﻴﺖ ﺍﻟﺮﺩﻭﺩ ﺍﻧﺘﺸﺮ ﺍﻟﺸﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻭﺭﺍﺟﺖ ﺍﻟﺒﺪﻉ ! ﻓﻼ ﺑﺪ ﻣﻦ ﻧﺸﺮ ﺍﻟﺮﺩﻭﺩ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ﻣﺎ ﻫﻮ ﻛﻞ ﺍﻟﺮﺩﻭﺩ !! ﺍﻟﺮﺩﻭﺩ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ﺍﻟﺼﺎﺩﺭﺓ ﻋﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳﻌﺮﻓﻮﻥ ﺍﻟﺒﺪﻋﺔ ﻭﻳﻌﺮﻓﻮﻥ ﺍﻟﺨﻄﺄ ﻭﻳﻌﺮﻓﻮﻥ ﻛﻴﻒ ﻳﺮﺩﻭﻥ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﻭﺍﻟﺴﻨﺔ . ﻧﻌﻢ .

 ﻣﻦ : ﻧﻮﺭ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺪﺭﺏ ٢٨-٠٢-١٤٣٣ ﻫـ


ℹ http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=126237

---------------------

Semoga Allah berbuat baik kepada anda. Ini Akh Abu Ahmad, wahai Syaikh Shalih Al Fauzan, dia mengirim kepadaku satu pertanyaan yang bagus. Dan kami ingin untuk menjabarkan perkataan tentangnya, berkata didalamnya akh Ahmad:

✔ “Aku mencintai sunnah dan aku benci terhadap bid’ah dan khurafat. Akan tetapi wahai Fadhilatusy Syaikh, bantahan terhadap ahli bid’ah dan orang yang menyimpang dikatakan oleh sebagian orang bahwa itu bukan termasuk manhaj salaf, dan kitab-kitab rudud (bantahan) tidak sepantasnya tersebar kecuali di antara para penuntut ilmu.” Kami mengharapkan bimbingan untuk kami dari Syaikh Shalih sesuai dengan pertanyaan ini?


Al 'Allaamah Shalih Al Fauzan hafizhahullah:

Apa yang telah disebutkan penanya, bantahan-bantahan itu, harus berasal dari ulama yang kokoh dalam memberikan bantahan, dimana mereka mengetahui kesalahan, dan mengokohkan bantahan atas kesalahan itu dengan dalil dari Al Kitab dan As Sunnah. Dan MENYEBARKAN BANTAHAN INI WAJIB, karena itu yang akan mengajari kaum muslimin. Jika dia menyebarkan bid’ahnya dan dia menyebarkan kesalahan-kesalahannya kepada orang-orang, maka harus disebarkan bantahan-bantahan yang benar untuk menghilangkan bahaya bid’ah dan kesalahan-kesalahan. Ini harus. Inilah solusi.

Jika bantahan disembunyikan maka akan tersebar kejelekan di antara manusia dan bid’ah-bid’ah menjadi beredar!. MAKA HARUS DISEBARKAN BANTAHAN-BANTAHAN yang benar, tidak semua bantahan!! Bantahan-bantahan yang benar berasal dari ahlul ilmi yang mengetahui bid’ah dan mengetahui kesalahan dan mengetahui bagaimana membantahnya dari Al Kitab dan As Sunnah.

Dari Nuur 'Alad Darb 28-02-1433H

                    ✱✱✱

✒Alih Bahasa: Ahmad Abu Sa'ad Al-Faruq Al-Makassari حفظه الله - [FBF 3]

مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Kajian Al-FawaaidNet

Diperbolehkan menyebarkan rekaman kajian ini untuk kepentingan da’wah, bukan untuk tujuan komersil serta tetap mencantumkan URL Sumber. Baarakallahu fiikum.