Mewaspadai Sebuah Kabar "Burung"

::: MEWASPADAI SEBUAH KABAR "BURUNG" :::

Asy Syaikh Zaid Al-Madkhaliy rahimahullah

※※※※

Maka wajib kaum muslimin untuk menjauhi kabar burung yang bisa menyeret kepada kejelekan, kepada fitnah, kepada sikap saling membelakangi, kepada sikap saling menghajr.

بسم الله الرحمن الرحيم

Pertanyaan:
Semoga Allah memperbaiki anda, pertanyaan ini juga dari Mesir, disana ada sekelompok manusia yang menyebarkan kabar burung dusta yang menjadikan fitnah di antara kaum Muslimin. Maka kami
meminta satu kalimat dari anda hafizhakumullah tentang bahayanya menyebarkan kabar burung dusta dan hukum orang yang melakukannya?

Jawaban Syaikh Zaid al-Madkhali rahimahullah:
Disebut sebagai kabar burung karena TIDAK ADA ADALNYA YANG BENAR, tidak ada sumbernya yang bisa dipercaya, itulah kabar burung yang diterima sebagian orang dari yang lain tanpa menyaringnya, tanpa memperhatikannya, seperti berita-berita yang tidak ada asalnya.

☝Maka wajib bagi kaum muslimin UNTUK MENJAUHI KABAR BURUNG yang bisa menyeret kepada kejelekan, kepada fitnah, kepada sikap saling membelakangi, kepada sikap saling menghajr di antara manusia, dan juga kepada penyebaran perkara yang tidak boleh tersebar di kalangan umum, sehingga berakibat bahaya.

Wajib seseorang jika ingin berbicara tentang satu perkara agama atau perkara dunia untuk mengetahui pembicaraan yang dia ucapkan akan dicatat dalam lembaran amalnya, dan Allah akan menanyainya pada hari kiamat tentangnya. Sebagaimana firman Allah:

ﻣَﺎ ﻳَﻠْﻔِﻆُ ﻣِﻦْ ﻗَﻮْﻝٍ ﺇِﻟَّﺎ ﻟَﺪَﻳْﻪِ ﺭَﻗِﻴﺐٌ ﻋَﺘِﻴﺪٌ

“Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (Qaf: 18)

Apakah seseorang berbicara dengan kejujuran dalam berita-berita yang berkaitan dengan perkara agama atau dunia, jika tidak jelas bagi dirinya bahwa itu benar (maka seharusnya_ed) dia MENINGGALKAN BERBICARA TENTANGNYA karena takut hukuman dunia dan akhirat.

Demikian juga dia boleh untuk berbicara perkara mubah yang berkaitan dengan perkara mata pencaharian dalam batasan yang dia butuhkan. Tidak apa-apa.

Akan tetapi tentang berita-berita dan tentang permasalahan ilmu, dia wajib untuk memperhatikan perkara yang hendak dia ucapkan, jika baik maka dia lewatkan dan dia bicarakan, jika dalam penyebarannya ada manfaat, maka dia sebarkan. Jika dalam merahasiakannya ada manfaat, maka dia rahasiakan dan lupakan. Tidak dia anggap.

Umumnya kabar burung yang tidak ada sumbernya yang benar, wajib untuk diabaikan, untuk berhati-hati darinya, dan tidak menyebarkannya karena ia mengandung bahaya.

Wallahu a’lam

✲✲✲

ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺯﻳﺪﺍﻟﻤﺪﺧﻠﻲ ﻓﻴﺠﺐ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﺃﻥ ﻳﺘﺠﻨﺒﻮﺍ ﺍﻟﺸﺎﺋﻌﺎﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺠﺮ ﺇﻟﻰ ﺷﺮ ، ﻭﺇﻟﻰ ﻓﺘﻦ ﻭﺇﻟﻰ ﺗﺪﺍﺑﺮ ﻭ ﺗﻬﺎﺟﺮ

بسم الله الرحمن الرحيم

ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ:

ﺃﺣﺴﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻟﻴﻜﻢ ﺳﺆﺍﻝ ﺃﻳﻀﺎ ﻣﻦ ﻣﺼﺮ ﻳﻘﻮﻝ ﻫﻨﺎﻙ ﺻﻨﻒ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻳﺮﻭﺟﻮﻥ ﺍﻹﺷﺎﻋﺎﺕ ﺍﻟﻜﺎﺫﺑﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﻮﻗﻊ ﺍﻟﻔﺘﻨﺔ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻓﻨﺮﻳﺪ ﻣﻨﻜﻢ ﺣﻔﻈﻜﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﻛﻠﻤﺔ ﺣﻮﻝ ﺧﻄﺮﺗﺮﻭﻳﺞ ﺍﻟﺸﺎﺋﻌﺎﺕ ﺍﻟﻜﺎﺫﺑﺔ، ﻭﺣﻜﻢ ﻣﻦ ﻳﻔﻌﻞ ﺫﻟﻚ ؟

ﺟﻮﺍﺏ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺯﻳﺪ ﺍﻟﻤﺪﺧﻠﻲ رحمه ﺍﻟﻠﻪ:
☝ ﺳﻤﻴﺖ ﺷﺎﺋﻌﺎﺕ ﻷﻧﻬﺎ ﻟﻴﺲ ﻟﻬﺎ ﺃﺻﻞ ﺻﺤﻴﺢ ﻭﻟﻴﺲ ﻟﻬﺎ ﻣﺼﺪﺭ ﻣﻮﺛﻮﻕ ﻓﻬﻲ ﺷﺎﺋﻌﺎﺕ ﻳﺘﻠﻘﺎﻫﺎ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﻦ ﺑﻌﺾ ﺑﺪﻭﻥ ﺗﻤﺤﻴﺺ ﻭﺑﺪﻭﻥ ﻋﻨﺎﻳﺔ ﻛﺎﻷﺧﺒﺎﺭ ﺍﻟﺘﻲ ﻟﻴﺲ ﻟﻬﺎ ﺃﺻﻞ ﻭﻟﻴﺲ ﻟﻬﺎ ﻣﺼﺎﺩﺭ ﻓﻴﺠﺐ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﺃﻥ ﻳﺘﺠﻨﺒﻮﺍ ﺍﻟﺸﺎﺋﻌﺎﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺠﺮ ﺇﻟﻰ ﺷﺮ، ﻭﺇﻟﻰ ﻓﺘﻦ ﻭﺇﻟﻰ ﺗﺪﺍﺑﺮ ﻭ ﺗﻬﺎﺟﺮ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻭﺇﻟﻰ ﺇﺷﺎﻋﺔ ﻣﺎ ﻻ ﻳﺠﻮﺯﺃﻥ ﻳﺸﺎﻉ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﺘﻤﻌﺎﺕ ﻭﻳﺘﺮﺗﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﻀﺮﺭ ﻭﺍﻟﻮﺍﺟﺐ ﺃﻥ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﺇﺫﺍ ﺃﺭﺍﺩ ﺃﻥ ﻳﺘﺤﺪﺙ ﻓﻲ ﺃﻣﺮ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺃﻭ ﺃﻣﺮﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻓﻠﻴﻌﻠﻢ ﺃﻥ ﺣﺪﻳﺜﻪ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻨﻄﻖ ﺑﻪ ﻳﻜﺘﺐ ﻓﻲ ﺻﺤﻴﻔﺘﻪ ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺳﺎﺋﻠﻪ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﻋﻨﻪ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ
 (( ﻣﺎ ﻳﻠﻔﻆ ﻣﻦ ﻗﻮﻝ ﺇﻻ ﻟﺪﻳﻪ ﺭﻗﻴﺐ ﻋﺘﻴﺪ ))

ﻓﺈﻣﺎ ﺃﻥ ﻳﺘﺤﺪﺙ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﺑﺼﺪﻕ ﻓﻲ ﺍﻷﺧﺒﺎﺭ ﺍﻟﻤﺘﻌﻠﻘﺔ ﺑﺸﺄﻥ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺃﻭ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﻳﺘﺒﻴﻦ ﻟﻪ ﺃﻧﻪ ﺻﺪﻕ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺧﻮﻓﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﻘﻮﺑﺔ ﺍﻟﺪﻧﻴﻮﻳﺔ ﻭﺍﻷﺧﺮﻭﻳﺔ، ﻭﻫﻜﺬﺍ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﺘﺤﺪﺙ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺒﺎﺣﺎﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺘﻌﻠﻖ ﺑﺄﻣﺮ ﺍﻟﻤﻌﻴﺸﺔ ﻓﻲ ﺣﺪﻭﺩ ﻣﺎ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﻻ ﺣﺮﺝ ﻟﻜﻦ ﻓﻲ ﺍﻷﺧﺒﺎﺭ ﻭﻓﻲ ﻣﺴﺎﺋﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻥ ﻳﻨﻈﺮ ﻓﻴﻤﺎ ﻳﺮﻳﺪ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﺧﻴﺮﺍ ﺃﻣﻀﺎﻩ ﻭﺗﺤﺪﺙ ﺑﻪ، ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﻧﺸﺮﻩ ﻧﻔﻊ ﻧﺸﺮﻩ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺇﺧﻔﺎﺀﻩ ﺍﻟﻨﻔﻊ ﺃﺧﻔﺎﻩ ﻳﻨﺴﺎﻩ، ﻻ ﻳﻠﻘﻲ ﻟﻬﺎ ﺑﺎﻻ ﻭﻻ ﻳﺤﺴﺐ ﻟﻬﺎ ﺣﺴﺎﺑﺎ ﻭﻋﻤﻮﻣﺎ ﺍﻟﺸﺎﺋﻌﺎﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﻟﻴﺲ ﻟﻬﺎ ﻣﺼﺎﺩﺭ ﺻﺤﻴﺤﺔ ﻳﺠﺐ ﺃﻥ ﺗﻠﻐﻰ ﻭﺃﻥ ﻳﺤﺬﺭ ﻣﻨﻬﺎ ﻭﻻ ﻳﺮﻭﺝ ﻟﻬﺎ ﻟﻤﺎ ﻓﻴﻬﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻀﺮﺭ. ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ

〰〰〰

Sumber: http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=125753#entry618121

Alih Bahasa: Abu Sa'ad Ahmad Al-Faruq Al-Makassari حفظه الله - [FBF 3]

_____________________
مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Kajian Al-FawaaidNet

Diperbolehkan menyebarkan rekaman kajian ini untuk kepentingan da’wah, bukan untuk tujuan komersil serta tetap mencantumkan URL Sumber. Baarakallahu fiikum.