Menjauhi Ahlul Ahwa (Pengekor Hawa Nafsu) & Bukan Mendekatinya

::: MENJAUHI AHLUL AHWA (PENGEKOR HAWA NAFSU) & BUKAN MENDEKATINYA :::

[Peringatan Bagi Orang Yang Senang Bermajlis Khusus atau Memberikan Pelajaran Khusus Terhadap Mereka]

✹✹✹

Asy Syaikh Al 'Allamah Muhammad bin Hadi Al Madkhali hafizhahullah berkata:

Ahlul hawa dihinakan, direndahkan, dan dijauhi, bukannya malah dia mendekati tokoh diantara mereka secara khusus, bukannya malah dia mendekati dan memberikan satu pelajaran secara khusus!!

Sesungguhnya perbuatan dia memberikan pelajaran khusus -yang nampak bagiku-bahwa dia sangat menghormati tokoh ahli bi’dah itu. Jika tidak maka dia tidak akan memberikan majlis khusus dan menyempatkan memberikan waktunya untuk duduk bersamanya.

☝Aku berkata: Sesungguhnya orang ini aku khawatirkan telah cenderung dengan hatinya kepada para ahlul bid’ah itu. Jika dia telah condong dengan hatinya kepada mereka, maka tidak aneh akan terjadi hal itu darinya.

 ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﻨﻔﻊ ﺍﻟﺠﺮﺑﺎﺀ ﻗﺮﺏ ﺻﺤﻴﺤﺔ ﺇﻟﻴﻬﺎ ، ﻭﻟﻜﻦ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ﺗﺠﺮﺏ .

"Dan hendaklah diketahui bahwa orang yang berkudis tidak akan sembuh dengan dekatnya orang sehat, akan tetapi orang sehat itu yang akan tertulari"

Perkataan  salaf tentang ahlul bid’ah adalah mutawatir (sangat banyak) dalam membuat peringatan dari duduk-duduk dengan ahlul bid’ah, terlebih dari mendekati mereka dalam majlis-majlis khusus dan memberikan pelajaran khusus!!

Orang yang ditanyakan ini, atau pertanyaan yang ditanyakan saudaraku ini tentang orang itu menunjukkan bahwa orang itu bukanlah salafi.

Wallahul musta’an.

___________________

قال الشيخ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻫﺎﺩﻱ ﺍﻟﻤﺪﺧﻠﻲ حفظه الله :

ﻓﺄﻫﻞ ﺍﻷﻫﻮﺍﺀ ﻳﻘﻬﺮﻭﻥ ﻭﻳﺬﻟﻮﻥ ﻭﻳﺒﻌﺪﻭﻥ ﻭﻳﻘﺼﻮﻥ ﻻ ﺃﻧﻪ ﻳﻘﺮﺏ ﻣﻦ ﻛﺎﻥ ﻣﻨﻬﻢ ﺭﺃﺳﺎ ﺧﺎﺻﺔ ﻻ ﺃﻧﻪ ﻳﻘﺮﺏ ﻭﻳﻌﻄﻰ ﺩﺭﺳﺎً ﺧﺎﺻﺎ!!

☝ﻓﺈﻥ ﺇﻋﻄﺎﺋﻪ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺪﺭﺱ ﺍﻟﺨﺎﺹ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻈﻬﺮ ﻟﻲ ﺃﻧﻪ ﻏﺎﻳﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺒﺠﻴﻞ ﻭﺍﻹﺣﺘﺮﺍﻡ ﻟﻪ، ﻭﺇﻻ ﻟﻤﺎ ﺃﻋﻄﺎﻩ ﺟﻠﺴﺔ ﺧﺎﺻﺔ، ﻭﺍﻗﺘﻄﻊ ﻣﻦ ﻭﻗﺘﻪ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﻟﻠﺠﻠﻮﺱ ﻣﻌﻪ،

ﻓﺄﻧﺎ ﺃﻗﻮﻝ : ﺇﻥ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺸﺨﺺ ﺃﺧﺸﻰ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻗﺪ ﻣﺎﻝ ﺑﻘﻠﺒﻪ ﺇﻟﻰ ﻫﺆﻻﺀ ، ﻭﺇﺫﺍ ﻣﺎﻝ ﺑﻘﻠﺒﻪ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻓﻼ ﻳﺴﺘﻐﺮﺏ ﺃﻥ ﻳﺤﺼﻞ ﻣﻨﻪ ﺫﻟﻚ ، ﻭﻟﻴﻌﻠﻢ : ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﻨﻔﻊ ﺍﻟﺠﺮﺑﺎﺀ ﻗﺮﺏ ﺻﺤﻴﺤﺔ ﺇﻟﻴﻬﺎ ، ﻭﻟﻜﻦ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ﺗﺠﺮﺏ .

ﻭﺍﻟﺴﻠﻒ ﺍﻟﻜﻼﻡ ﻋﻨﻬﻢ ﻣﺘﻮﺍﺗﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻨﻔﻴﺮ ﻣﻦ ﻣﺠﺎﻟﺴﺔ ﺍﻟﻤﺒﺘﺪﻋﺔ ، ﻓﻀﻼ ﻋﻦ ﺗﻘﺮﻳﺒﻬﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﺎﻟﺲ ﺍﻟﺨﺎﺻﺔ !! ﻭﺇﻋﻄﺎﺋﻬﻢ ﺍﻟـﺪﺭﻭﺱ ﺍﻟﺨﺎﺻﺔ ، ﻓﻬﺬ ﺍﻷﺥ ﺍﻟـﺬﻱ ﻳﺴﺄﻝ ﻋﻨﻪ ، ﺃﻭ ﻫـﺬﺍ ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ ﺍﻟـﺬﻱ ﺳﺎﻟﻪ ﺍﻷﺥ ﻋﻦ ﻫـﺬﺍ ﺍﻟﻤﺴﺆﻭﻝ ﻋﻨﻪ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺃﻧـﻪ ﻟﻴﺲ ﺑﺴﻠﻔﻲ ، ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻤﺴﺘﻌﺎﻥ.

                       ----

Sumber: http://www.sahab.net/forums/index.php?s=9f3b4ade3f8a6acb0d516531e4b09a7c&showtopic=119490

✒Alih Bahasa: Abu Sa'ad Ahmad Al-Faruq (ASAF) Al-Makassari حفظه الله [FBF 3]
_____________________
مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Kajian Al-FawaaidNet

Diperbolehkan menyebarkan rekaman kajian ini untuk kepentingan da’wah, bukan untuk tujuan komersil serta tetap mencantumkan URL Sumber. Baarakallahu fiikum.