Bathilnya Kaidah: “Ambil Yang Haq dan Tinggalkan Yang Bathil Dari Ahli Bid'ah”

::: BATHILNYA KAIDAH: “AMBIL YANG HAQ DAN TINGGALKAN YANG BATHIL DARI AHLI BID'AH” :::

Oleh: Asy-Syaikh Kholid bin Dhohwi Azh-Zhofiri حفظه الله

إبطال قاعدة خذالحق واترك الباطل من أهل البدع

وقال الشيخ خالد بن ضحوي الظفيري (حفظه الله)

وكذلك من اسباب النجاة من الفتن هو الابتعاد عن اهل الاهواء والحذر والتحذير منهم وهذا اصل سلفي عند اهل العلم دل عليه الكتاب ودلت عليه السنة ودل عليه اقوال السلف الصالح من الصحابة والتابعين وغيرهم

واجمع اهل العلم على هجران اهل البدع ومجانبتهم والابتعاد عنهم ونقل هذا الاجماع اكثر من عالم اجمعوا على الابتعاد عن اهل البدع وعدم القراءة والنظر في كتبهم الا لمن اراد ان يرد عليهم

اما العموم فان الانسان يقرا ويسمع لاهل العلم ويبتعد عن اهل الاهواء يسمع لاهل السنة ويبتعد عن اهل البدعة ولا نقول كما يقولون الان وهذه قاعدة ضالة مبتدعة وهي يقولون :

(خذ الحق واترك الباطل)

☝لا شك اننا مامورين باخذ الحق وترك الباطل لكننا لسنا مامورين بالبحث عن الحق عند اهل البدع وعند اهل الاهواء ناخذ الحق من المعين الصافي وناخذه من المكان الذي ليس فيه شبهة ولا بدعة .

_________________
Dan demikian juga di antara sebab-sebab selamat dari berbagai fitnah ialah menjauhkan diri dari pengikut hawa nafsu dan berhati-hati serta mentahdzir dari (bahaya) mereka dan ini merupakan suatu prinsip salafi menurut para ulama yang telah ditunjukkan oleh Al-Kitab dan ditunjukkan oleh As-Sunnah dan ditunjukkan oleh ucapan-ucapan kaum salaf yang sholeh dari kalangan sahabat dan tabi'in serta selain mereka.

Dan para ulama telah sepakat menyatakan (wajibnya) meng-hajr (memboikot) ahli bid'ah dan meninggalkan mereka serta menjauhkan diri dari mereka.

Dan yang menukilkan ijma' (kesepakatan) ini lebih dari satu ulama dimana mereka sepakat untuk menjauhkan diri dari ahli bid'ah dan tidak membaca dan tidak melihat ke dalam kitab-kitab mereka kecuali bagi orang-orang yang ingin membantah mereka.

☝Adapun orang awam maka setiap orang membaca dan mendengar dari para ulama dan menjauhkan diri dari para pengikut hawa nafsu, mendengar ucapan Ahlussunnah dan menjauhkan diri dari ahli bid'ah dan kami tidak mengatakan seperti mereka katakan sekarang dan ini adalah kaidah yang sesat yang diada-adakan yaitu mereka mengatakan:

“ambil yang haq dan tinggalkan yang bathil”

☝Dan tidak diragukan lagi bahwa kita diperintahkan untuk mengambil yang haq dan meninggalkan yang batil akan tetapi kita bukanlah orang-orang yang diperintahkan untuk mencari yang haq dari ahli bid'ah dan dari para pengikut hawa nafsu..

Kita ambil yang haq dari sumber yang murni dan kita mengambilnya dari tempat yang tidak ada padanya syubhat (kerancuan) dan tidak ada kebid'ahan.

〰〰

Dinukil dari: http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=125686&page=2

Alih bahasa: Al-Ustadz Muhammad Sholehuddin Abu 'Abduh (Karawang) حفظه الله - [FBF 2]

_____________________
مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Kajian Al-FawaaidNet

Diperbolehkan menyebarkan rekaman kajian ini untuk kepentingan da’wah, bukan untuk tujuan komersil serta tetap mencantumkan URL Sumber. Baarakallahu fiikum.